Sabtu, 28 Maret 2009

Tips & Trick Masuk Perguruan Tinggi Negeri Favorit

Diterima atau duduk di salah satu PTN (perguruan tinggi negeri) favorit itu tidaklah mudah. Banyak hal-hal yang harus anda persiapkan seperti yang dialami kawan saya yang merasa sudah semaksimalnya dia berusaha, bahkan sampai mempertaruhkan waktu dan finansialnya demi mengikuti program studi di luar sekolah seperti ikut bimbingan belajar, atau les private kadang mereka dalam waktu sehari mengikuti dua sampai tiga bimbingan belajar yang berbeda dan ternama. Tetapi tetap saja hasilnya kurang memuaskan.

Bagaimana dengan anda sekarang ? apakah anda sedang mengalaminya? bagaimana kalo orangtua anda tidak mampu untuk membiayai anda ikut program studi di luar sekolah? Nah, ini adalah permasalahannya tetapi jangan khuwatir anda tidak perlu ikut-ikutan kaya gitu. Seperti itu memang bisa membantu kira-kira hanya 30% dan anda berhasil atau tidak selanjutnya itu tergantung pada diri anda yang menjalaninnya.

selain itu pun anda harus belajar dari pengalaman orang yang berhasil dan gagal. semua itu pasti ada hikmahnya bukan. nah, sekarang saya ingin berbagi pengalaman saya melalui blog ini bisa dikatakan hasil saya punkurang memuaskan dengan apa yang saya perjuangkan.

nah, ini bagi anda yang mau ngedengerin dan ngejalanin tips dan trick dari saya aja yah!

pasti anda lagi sibuk-sibuknya kan untuk mempersiapkan gimana cara masuk atau goal di PTN yang bonafide seperti ITB, UI, UGM, dan banyak lagi. itu sih semua pilihan ada di anda asalkan anda mau berusaha :

  1. merasa yakin kalo anda bisa masuk duduk di salah satu PTN tersebut tentunya karena anda sudah maksimal mempersiapkannya.
  2. Latihan dirumah mengerjakan soal sehari minimal 100 soal sendiri. Dengan begitu anda terbiasa dengan kesalahan-kesalahnnya .
  3. Bertanya hal yang anda belum ketahui sampai anda mengerti betul jalannya.
  4. Berdoa dan minta doa restu dari orang tua dan shalat malam kalau perlu setiap hari karena harapan terkabulnya lebih banyak tuh.
  5. Cari berita-berita yang terhangat dan kuasailah karena soal yang di ujikan tuh biasanya berita-berta yang aktual.
  6. Bagi yang tidak mengikuti program studi di luar sekolah Bertemanlah dengan orang yang sudah berhasil dan gagal (yang benar2) di ujian tersebut setidaknya mereka berpengalaman.
  7. Tips yang satu ini jarang orang lain sampaikan. Nah, coba deh anda sekarang membayangkan bahwa anda pernah gagal dalam hal yang anda inginkan dan mulai sekarang anda mulai bangkit kembali dan berjanji tidak akan mengulangi kegagalan yang sekarang anda bayangan. Bagaimanakah reaksi anda?

Mudah-mudahan tips dari saya menarik perhatian anda dan saya pun senang jika anda mau megikutinya. Semoga tips dan trik ini menjadi pengtahuan yang bermanfaat bagi anda. dan bagi anda yang mau latihan soal-soal spmb dan pembahasannya klik disini.

saya berharap anda mengisi komentar atau menambahkan uraian dari saya atau berbagi pengalaman biar sama-sama jadi manfaat insya Allah saya akan menanggapinya.

2 komentar:

eLa mengatakan...

nice blog... ^_^

Anonim mengatakan...

Gimana kalo ortu memaksa anaknya untuk memilih jurusan yang tidak sesuai dengan bakat dan minat si anak?? sehingga jadi beban mental, padahal si anak harus konsen trhdp belajarnya....

Posting Komentar