Rabu, 10 Maret 2010

Dasar Komunikasi Bisnis

    Alhamdulillah tugasnya selesai sudah. Ngantuk…! Maklum masih menganut SKS (system kebut semalam). Daripada blognya kosong mending saya posting tugas saya aja deh. Ini tugas pengantar komunikasi pertanian yang diberikan oleh dosen saya tercinta pak Yudhy Salammpessy, mudah-mudahan aja bener tulisan namanya. Maaf nggak pake title namanya. Harap dimaklumi, udah malem ngantuk. Mudah-mudahan bermanfaat yah…

DASAR-DASAR KOMUNIKASI

Definisi

Kata komunikasi berasal dari bahasa latin "communis" yang berarti "bersama". Sedangkan menurut kamus definisi komunikasi dapat meliputi ungkapan – ungkapan seperti berbagi seperti berbagi informasi atau pengetahuan , memberi gagasan atau bertukar pikiran , informasi atau pengetahuan, memberi gagasan atau bertukar pikiran, informasi atau yang sejenisnya dengan tulisan atau ucapan definisi lain terbatas pada situasi stimulus response. Dengan begitu pesan dengan sengaja disampaikan untuk mendapatkan response. Contohnya adalah pertanyaan yang pasti memerlukan jawaban, intruksi yang diberikan perlu diikuti, atau penyajian iklan untuk stimulan agar orang tertarik membeli suatu produk.

    Komunikasi dapat terjadi di antara manusia selain itu komunikasi juga dapat terjadi di antara manusia dengan mesin (khususnya komputer) atau sebaliknya. Komunkasi dapat di bedakan dalam dua klasifikasi yaitu komunikasi kelompok dan komunikasi massa. Komunikasi kelompok terjadi antara kelompok besar dan kelompok kecil yang mana terdapat identitas mereka masing-masing. Sepertidi dalam ruang kelas, kantor atau di tempat yang di dalamnya erdapat identitas. Komunikasi massa yaitu yang didalamnya terdapat orang yang besar melalui media massa seperti radio, televise atau surat kabar.

    Komunikasi bisa di lakukan secara verbal maupun nonverbal. Verbal artinya berkomunikasi dengan kata-kata. Ada lima proses komunikasi verbal yaitu meliputi berbicara, menulis, membaca, mendengarkan dan berpikir (komunikasi dengan diri sendiri). Sedangkan nonverbal artinya tanpa kata-kata, yaitu melalu gerak tubuh atau bahasa tubuh. Tujuan orang berkomunikasi adalah untuk menyampaikan informasi, memberikan persuasu dan menghibur.

Unsur-Unsur Komunikasi

Komunikasi di lakukan antar pribadi, kelompok, komunitas hingga komunikasi antar bangsa. Keberhasilan tiap aspek kehidupan ditentukan oleh kecakapan berkomunikasi. Ada tujuh unsur yang menjadikan komunikasi dapat berlangsung yaitu :

1.Manusia

    Manusia disini sebagai pelaku yang terlibat komunikasi , baik mengirim atau menerima informasi. Selama berlangsung terjadilah pertukaran informasi atau pesan di antara dua pihak yang mempengaruhi.

2. Pesan

    Pertukaran pesan, baik verbal maupun non verbal terjadi selama komunikasi berlangsung. Melalui ucapan, suara, gerak isyarat, ekspresi wajah dan sentuhan fisik pesan dapat disampaikan. Misalnya jabatan tangan dengan disertai kata atau ucapan tertentu. Ketika seseorang mengerutkan dahi, berteriak, berbisik atau memalingkan wajah semua itu merupakan efek dari komunikasi.

3. Saluran

    Pesan disampaikan melalui indera secara verbal dan nonverbal. saluran komunikasi dilakukan melalui pesan suara, pesan melalui penglihatan, rasa, penciuman , sentuhan dan sebagainya.

4. Gangguan

    Banyak gangguan yang dapat menghalangi jalannya komunikasi salah satunya yaitu suara berisik. dan lebih dari itu banyak lagi gangguan yang mempengaruhi ketidaknyamanan fisik dalam bentuk lain seperti udara pengap, lingkungan yang padat ruangan yang panas atau factor pribadi seperti prasangka, ketidasesuaian perasaaan dan sebagainya.

5. Konteks

    Konteks prilaku komunikasi sangat erat dan dapat di perhatikan pada perubahan sikap seseorang pada saat mengubah gaya berbicara, sikap tubuh, atau cara berpakaian agar lebih sesuai dengan lingkungan.

6. Umpan Balik

    Komunikasi terjadi antara dua pihak pengirim dan penerima pesan yang saling bertukar pesan atau informasi. Isyarat verbal atau nonverbal yang terjadi disebut umpan balik. Dari umpan balik dapat diketahui cara lawan komunikasi menangkap pesan yang disampaikan. Seperti senyuman atau tawa, kerutan wajah dan lain sebagainya. Umpan balik yang positif yaitu lawan bicara bereaksi. Dan sebaliknya umpan balik negatif dapat menghentikan reaksi.

Umpan balik ada yang internal dan eksernal . umpan balik internal yaitu memantau perilaku penampilan dari lawan diri seseorang dalam berkomunikasi. Dan umpan balik eksternal adalah umpan balik dari lawan komunikasi selama komunikasi berlangsung. Kepekaan umpan balik tersebut perlu diperhatikan agar seseorang dapan menjad komunikator yang baik.

7. Pengaruh

    Pengalaman komunikan dapata berpengaruh terhadap dua pihak yang saling berinteraksi. Pengaruh komunikasi dapat berupa emosional, fisik, kognitif atau kombinasi dari ketiganya. Komunikasi dapat menyebabkan terjadinya sikap apatis, perdebatan, atau bahkan perkelahian. Sebaliknya komunikasi dapat menabahkan wawasan informasi yang baru mengembangkan pengetahuan dan perumsan opini.


Fungsi Komunikasi

    Fungsi komunikasi adalah untuk memahami sikap dan prilaku manusia. Perkembangan sikap percaya diri dapat di tentukan oleh kecakapan komunikasi. Pengalaman komunikasi dapat membantu mengungkapkan kepribadian dan membantu hubungan yang baik, serta mengubah sikap dan prilaku.

Kendala Dalam Berkomunikasi

Komunikasi akan mengalami kendala apabila terdapat perbedaan yang mencolok dalam pengalaman hidup diantara pihak pengirim pesan dan pihak penerima. Misalnya pada saat sebuah perusahaan besar bermaksud membuka cabang di sebuah kota kecil, manajemen perusahaan akan mendapati bahwa karyawan local yang berasal dari kota tersebut mempunyai latar belakang yang berbeda.dibandingkandengan karyawan yang di kota yang lebih besar.

Pihak yang terlibat dalam komuniksi mempunyai latar belakang yang berbeda . pesan komunikasi dalam pembicaraan yang dilakukan cenderung ditafsirkanmenurut sudut pandang yang berbeda. Oleh karena itu dalam pemahaman pesan pun dapat terjadi ketidaksamaan isi pesan tidak berimbang.

Proses Komunikasi

Komunikasi merupakan sumber kehidupan sebuah organisasi yang menjebatani informasi dari dua arah antara pengirim dan penerima pesan. Proses komunikasi terdiri dari enam tahapan berikut :

  1. Pengirim mempunyai ide yang ingin disampaikan kepada pihak lain
  2. Pengirim mengubah idenya menjadi pesan. Sebelumnya terlebih dahulu menentukan bentuk pesan (kata, ekspresi wajah, gerak, isyarat), panjang uraian pesan, susunan, nada, dan gaya yang semuanya tergantung pad aide, penerima pesan (audience) dan suasana hati pengirim pesan.
  3. Pengirim menyampaikan pesan. Perlu adanya pilihan saluran komunikasi (verbal atau nonverbal) lisan atau tertulis dan media yang sesuai (telepon, computer, surat memo dan laporan)
  4. Pihak penerima menerima pesan. Apabila pesan disampaikan dalam bentuk persentasi lisan audience harus dapat mendengar pembicaraan dan memperhatikan pesan yang disampaikan.
  5. Penerima menafsirkan pesan. Audience harus menyelaraskan pemiiran dengan pihak pengirim pesan, menerima dan memahaminya kemudian pesan yang diterima di simpan dalam pikiran.
  6. Penerima pemberian reaksi dan mengirim umpan balik. Umpan balik berupa respons penerima, batas akhir rangkaian komunkasi. Setelah mendapat pesan penerima memberikan respons. Umpan balik merupakan unsure utama dalam proses komunikasi karena umpan balik memungkinkan pihak pengirim pesan untuk mengevaluasi efektivitas pesan yang dikirimkan.

"dibikin bagan atau gambar ajah sebenernya disini ada gambarnya. Alurnya sama kaya point-point di atas".

Bentuk Dasar Komunikasi

  • Komunikasi verbal

    Komunikasi verbal ialah komunikasi dalam bentuk percakapan atau tertulis.setiap orang atau dalam komunitas berkomunikasi secara verbal dalam menyampaikan pesan atau inforamasi. Gaya bicar berpengaruh pada minat lawan komunikasi. Orang yang mempunyai gagasan yang baik untuk menawarkan suatu produk berbicara dengan kata-kata yang tidak efektif menjadikan tidak tercapainya tujuan. Butuh keterampilan kecakapan dalam mengucapkan kata untuk mendapatkan pesan atau respons dalam komunikasi verbal menentukan keberhasilan komunikasi.

    Agar dapat dipahamioleh lawan komunikasi diperlukannya keterampilan dalam mengungkapkan pesan verbal. Memlih kata dalam berbicara tentang suatu topic di tempat kerja berbeda dengan menerapkan kata yang digunakan dalam komunikasi si lingkungan keluarga meski pokok bahasannya sama.

  • Meningkatkan kecakapan komunikasi verbal

    Berbicara dan mendengarkan merupakan bentuk komunikasi yang sering dilakukan. Hal in imenjadikan orang lebih memilih berbicara daripada menulis dalam berkomunikasi. Dengan komunikasi lisan orang dapat langsung mendapat umpan balik, sedangkan pada komunikasi tertulis orang harus menyusun pesan, menulis, mengirim, dan menunggu tanggapan sebagai umpan balik.

Umpan Balik

    Umpan balik berhubungan erat dalam proses mendengarkan . pengembangan pemahaman dan pengetahuan tentang cara kerja umpan balik dapat meningkatkan kecakapan mendengarkan.

    Umpan balik terdiri dari semua pesa verbal dan nonverbal yang disampaikan baik secara sadar atau tidak dalam merespons komunikasi dari pihak lain.umpan balik seringkali diungkapkan secara implicit. Misalnya mahasiswa dalam mengikuti kuliah memberikan umpan balik berupa pesan nonverbal dalam bentuk sikap serius.

Umpan balik pun ada macam-macam jenisnya, " tapi maaf cukup sekian udah ngantukk….."

Hoooaaaaaaaaahhhmmmm……, nyamn…., nyammnn…..!


 


 

Sumber yang dikembangkan    :

Prof Dr. Mas'ud Mchfoedz, M.B.A, Mahmud Machfoedz, 2004, Komunikasi Bisnis Modern; Yogyakarta, BFE-Yogyakarta