Jumat, 22 Januari 2010

Cara Membuat Kuesioner Penelitian

Waktu itu tepatnya kemaren, temen gw namanya Tere dapet tawaran dari Kakak tingkat yang sedang dalam proses menyusun Skripsi. kakak tingkat itu minta tolong ke tere untuk ngambil data ke pengusaha pabrik yang bahan bakunya kedelai. Contohnya tempe, tahu dan kecap. Dan semua itu emang nggak mudah. KaKak tingkat itu maunya 60 tempat yang mesti kita ambil datanya dalam waktu 10 hari. Wah, sanggupkah ia …???? Pastinya semua ini gak GRATIS. Dan tere pun nerima tawaran itu. KaKa tingkat langsung menyerahkan kuisioner penelitian alias pertanyaan-pertanyaan itu secara tersusun dalam lembaran kertas untuk kita tanyakan ke pemilik Tahu / tempe dan sedikit uang untuk ongkos jalan yaitu senilai Rp.100ribu. Itu pun baru awalnya alias uang DP kalo dalam transaksi beli motor. Ntar untuk kreditannya menyusul. Katanya sih kalo butuh apa-apa tinggal minta aja ke kakak tingkat itu. Mudah-mudahan aja emang bener kenyataanya. Terlintas di pikiran kita berdua nih "wah ini bakalan jadi duit semua, lumayan lagi liburan dapet tambahan uang jajan". Dan yang bikin gw bingung nih, isi kuisionernya itu nggak mudah di analisis oleh responden. Kan takutnya ada orang yang nggak ngerti gitu. Tidak ada pertanyaan ia atau tidak. Jadi tidak ada pilihan jawaban yang disediakan. Kalo dari masukan temen gw yang seangkatan, dia memang tahu cara penyusunan kuisioner yang benar agar mudah untuk di jawab dan efesien. Dan cara ini tuh akan merepotkan kita nantinya katanya. Sebenarnya Tadi tuh gw udah di ajak tere tuk kerja sama.

Nih kawan-kawan tips cara membuat kuisioner penelitian agar mudah di isi oleh responden :

Persyaratan dalam membuat kuesioner

(a) Relevansi kuesioner: Relevansi pertanyaan dengan tujuan studi, relevan pertanyaan dengan responden secara perorangan.

(b) Relevansi pertanyaan dengan studi: betul

(c) Relevansi pertanyaan dengan responden: betul.

Adapun Kegagalan-kegagalan dalam membuat kuesioner:

(a) Luncuran pertanyaan ganda: Jangan menanyakan satu masalah dalam satu pertanyaan. Contoh, apakah anda sering menyobek buku di perpustakaan selagi tidak ada pengawas yang melihatnya; dan apakah anda juga sering mencoreti buku milik perpustakaan untuk kepentingan penjelasan secara khusus?.

(b) Pertanyaan yang mengaahkan: Hindari bentuk pertanyaan seperti ini. Contoh, menurut presiden, kita harus mengencangkan ikat pinggang dalam menghadapi krisis ekonomi yang berkepanjangan ini. Anda setuju, bukan?. Pertanyaan seperti ini biasanya dijawab secara langsung dengan kata 'setuju'. Bisa dibayangkan bahwa jika semua pertanyaan dijawab dengan setuju.

(c) Pertanyaan sensitif: Hati-hati dengan pertanyaan sensitif seperti contoh berikut: Anda pernah melakukan onani?; Anda pernah melakukan hubungan seks sebelum nikah?. Pertanyaan jenis ini termasuk kategori sensitif, bahkan kurang ajar.

(d) Pertanyaan yang menakut-nakuti: Contoh. Di daerah ini sering terjadi perampokan dan penodongan di malam hari. Bisa Anda sebutkan orangnya?; atau, Anda tentu mengetahui peristiwa pembunuhan yang terjadi beberapa waktu lalu di daerah ini, karena andalah yang paling dekat dengan tempat kejadian perkara (TKP). Kami datang untuk menyelidikinya, oleh karena itu tolong jawab dengan sejujurnya pertanyaan-pertanyaan kami.

Lihat lebih lengkap lagi klik disini


Dah tahu kan caranya, sedari itu kita langsung susun rencana. Siapkan dan rapatkan barisan. Kita mesti punya motor untuk bolak balik dan kita pun memasangkan target per Hari yaitu 5 pabrik yang harus kita kunjungin pasti menguras stamina. Kita emang harus siapkan juga stamina tentunya kawan2. Takutnya ada hambatan disana entah nyasar, mogok tapi jangan sampe deh. Bener2 gw wonder woman banget. tapi hatinya feminin lho kawan-kawan. Prikitiiwww… promotion : mode on. Wkwkwkkkk…..

Doakan kawan-kawan semoga kita semua sukses dan dapet pengalaman yang bermanfaat serta kakak tingkatnya itu pun cepat menyelesaikan skripsinya.

Amien…."












9 komentar:

ahmad dikri mengatakan...

haha...
mantaph dah...!

Erna 'Nae' mengatakan...

wakakakakk....
langsung up date brita nieh???

yang terpenting tuh kuesioner gag boleh membuat sulit respoden menjaawab pertanyaan,nie...

.... mengatakan...

hahahaha.....mantap dawh coy tulisannye.....
berbobot dasyat......"padahal guw kagak ngarti" agagagagag....
GOD BLESS YOU

ENGLISH MATERIAL FOR YOU mengatakan...

bagaimana menentukan elemen yang akan ditanyakan

Edi susanto,S.Pd.I mengatakan...

ass,Blognya Manthap mbak....dan salam kenal...follow baliknya di tunggu biar tambah rame blognya, salam kenal dari saya Edi susanto, http://ediexplore.blogspot.com

Anonim mengatakan...

kok gak daftar pustakanya ya??

tikatiexa.blogspot.com mengatakan...

makasih mbak post-nya keren and bermanfaat

Surono mengatakan...

Mantabs... artikelnya sangat bagus dan mudah dimengerti...

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Posting Komentar